FAQ

  1. Kuttab itu apa ya?
    Kuttab adalah lembaga pendidikan untuk anak usia 5 – 12 tahun. Yang berkonsentrasi dua kurikulum utama. Yaitu : Kurikulum Iman dan Kurikulum Al-Qur’an.
  2. Waktu Belajarnya kapan ya ?
    Waktu belajar setiap Senin s/d Jum’at.
    Pukul 07.30 WIB – 13.00 WIB.
  3. Kurikulum kuttab “cuma” 2 : iman dan qur’an, sehingga pembagian kelasnya pun 2, kelas iman dan kelas qur’an Menanamkan iman terlebih dahulu, baru belajar qur’an, sehingga dengan qur’an makin bertambah keimanannya… Jadi bukan sekedar bisa baca, tahu arti, dan hafal qur’an, tapi mengimani bahwa Allah menurunkan qur’an untuk menyediakan segala solusi lengkap dan sempurna bagi manusia dan alam semesta Agar lebih kebayang teknisnya, ustadz nyuruh orang tua membaca buku : Syu’ab Al Iman karya Imam Baihaqi agar tahu cabang-cabang iman yang diturunkan dalam kurikulum kuttab
  4. Kelas qur’an : belajar membaca, tajwid, menambah hafalan, menyetorkan hafalan target 1 juz setahun, berarti 7 tahun 7 juz namun kenyataannya banyak yang tamat 1 juz dalam 1/2 tahun jauh melebihi target disinilah peran besar “sentilan” pada orang tua, tercermin pada capaian anak-anaknya
  5. Kelas iman : Terdapat tema2 dalam setahun, misal : unsur, waktu, musim Dalam kelas iman anak-anak biasanya membaca ayat-ayat , hadits-hadits, menghafal do’a-do’a, diceritakan kisah-kisah Rosul, sahabat, tabi’in terkait tema, ditadabburi artinya, dikaitkan dengan aspek – aspek keimanan (misal : penciptaan manusia yg terbuat dari unsur tanah, panasnya api neraka, air sebagai rahmat dan azab, dsb) dikaitkan dengan pengetahuan umum (jika ada kaitannya), misal : belajar baca jam, memahami terjadinya siang dan malam dari aspek sains, dll
  6. Apakah Di Kuttab ada pelajaran Umumnya?
    Kuttab mengajarkan pelajaran umum yang di UASBN kan saja. Itupun akan disesuaikan dengan tema yang dipelajari dalam kelas. Sehingga, pelajaran umum itu menyesuaikan tema yang dibahas dalam kelas.
  7. Setingkat pendidikan apakah Kuttab ?
    Kuttab  setingkat Usia TK B – SD kelas 6
  8. Seperti apa Kenaikan jenjang dan kelulusannya ?
    Santri Kuttab akan diberikan raport setiap semester dan raport kenaikan jenjang. Anak-anak akan diberikan standart Al-Qur’an, standart ilmu dan iman setiap jenjang yang akan ditentukan oleh rapat guru untuk kenaikan jenjang. Untuk Kelulusan anak-anak dinyatakan lulus jika sudah mencapai target hafalan 7 Juz dan standart iman yang ada pada laporan perkembangan yang kami sampaikan dalam raport semester.
  9. Bagaimana dengan Izin Operasional Kuttab?
    Kuttab sedang disiapkan izin operasionalnya setara dengan pendidikan informal. Ijazahnya hanya paket A.
  10. Apakah di Kuttab itu ada jenjang kelasnya?
    Kuttab Garut  memiliki jenjang. Kami menyebutnya, Kuttab Awal dan Kuttab Qonuni. Kuttab Awal terbagi menjadi 3 level, Yaitu : Kuttab Awal 1, Kuttab Awal 2 dan Kuttab Awal 3. Qonuni terbagi menjadi 4 Level : Kuttab Qonuni 1, Kuttab Qonuni 2, Kuttab Qonuni 3 dan Kuttab Qonuni 4.
  11. Jumlah Santri dalam satu kelas ada berapa?
    Untuk level Kuttab Awal, setiap kelas berisi 12 santri. Kalau sudah Level Qonuni setiap kelas bisa berisi 20 – 25 Santri.
  12. Bagaimana dengan orangtua yang sudah diterima di Kuttab, apakah ada jadwal pertemuan orangtua?
    Kami melakukan jadwal pertemuan sebuan sekali sebagai kelas orangtua belajar. Dan adanya kajian orang tua sebulan sekali untuk “menyamakan suhu” ortu dengan guru
  13. Orang Tua Diberikan lembaran BBO (belajar bersama orang tua), yang isinya kurikulum selama pekan terakhir, dan tugas-tugas selama di rumah untuk menyelaraskan dengan apa yang dipelajari di sekolah
  14. Adanya kunjungan guru ke rumah untuk memeriksa kondisi anak di rumah (aktivitas harian anak di rumah, kedekatan dengan tv, gadget, game, dsb)
  15. Memberikan nasihat pendidikan pada orang tua terkait anaknya

  16. Bolehkah kami diceritakan proses belajar di Kuttab Garut?
    Santri Kuttab setiap harinya senin – jum’at datang ke kuttab 07.15. Kegiatan di mulai pukul 07.30 . Seluruh santri dikumpulkan oleh para guru untuk melakukan Do’a belajar. Disetiap harinya saat do’a belajar bersama, santri kuttab akan ditambahkan beberapa ilmu dengan cara mengikuti, mendengarkan dan mengulang-ulang bersama, seperti : Kisah-Kisah Al-Qur’an, Mufrodad Bahasa arab, Do’a harian, Hadits dan info-info keterkinian.
    Pukul 07.45 – 09.30 WIB, santri kuttab belajar Al-Qur’an dengan Talaqqi. Yang menunggu Talaqqi melakukan kegiatan-kegiatan yang menguatkan hafalan Al-Qur’annya seperti : Muroja’ah bersama, Memperbaiki Tahsin, menulis khot, dlsb. Dipandu oleh guru kelas yang ikut mendampingi pelajaran Al-Qur’an.

09.30 – 11.30 : Seluruh santri masuk ke kelas iman untuk melaksanakan kudapan ( snack pagi) bersama guru kelas dilanjutkan dengan belajar iman. Guru Al-Qur’an bergantian mendampingi guru kelas saat pengajaran.

11.30 – waktu dzuhur : berkumpul di lokasi sholat untuk persiapan melaksanakan sholat dzuhur.

Waktu dzuhur – pulang : Evaluasi pembelajaran dan makan siang.

Setiap Jum’at diisi dengan Tasmi yang sudah menyelesaikan 1 juz. Atau kegiatan-kegiatan yang mengajarkan keimanan. Seperti : Ibadah ( sholat), Akidah, Muamalah, Akhlak.

  1. Merujuk kurikulum manakah kuttab Garut ?
    Kurikulum kami merujuk pada Al-Qur’an dan Sunah. Yang dikaji dan diturunkan menjadi sebuah aplikasi di dalam pendidikan usia 5 – 12 tahun. Serta mengkaji lebih dalam kitab-kitab para ulama yang berbicara tentang pendidikan generasi.
  2. Berarti Kurikulum ini baru kah?
    Kami meyakini ini tidak baru, karena sudah ada dalam catatan sejarah. Yang menurut kami sejarah itu sudah lama terkubur dan terlipat. Sehingga kami berusaha untuk menggali kembali dan membuka lipatan-lipatan sejarah agar bisa terealisasi untuk generasi zaman ini.
  3. Bolehkah kami tahu, kitab-kitab apa saja yang biasa dijadikan sumber rujukan.
    Yang jelas rujukan utama kami Al-Qur’an dan AsSunah. Namun kami senantiasa mengkaji pula kitab-kitab para ulama seperti : Shiroh Nabawiyah, Li Syuabil Al-iman, dan tulisan-tulisan ulama yang kami yakini kebaikan kitabnya.
  4. Sebenarnya Kuttab Garut itu berafiliasi kemana ya, afwan?
    Kami berusaha tidak berafiliasi kemana-mana. Kami ingin berdiri di atas ilmu. Sehingga santri kami pun berasal dari keluarga-keluarga yang memiliki afiliasi berbeda-beda. Namun, kami memiliki dewan syariah sebagai penentu warna dan kekhasan lembaga kuttab . Dewan Syariah itu kami tentukan untuk menjaga ruh kuttab, fatwa dan fiqih khusus Kuttab Garut saja.
  5. Adakah kelas percobaan untuk calon santri, seperti trial class ?
    Kami bukan lembaga coba-coba. Kami ingin melatih diri dan orangtua santri memulai perjalanan pendidikan generasi ini dengan keyakinan terhadap konsep dan belajar bersama saat sudah bergabung.
  6. Katanya, untuk memasukkan anak kami menjadi santri kuttab harus berdiskusi dulu ya dengan keluarga masing-masing?
    Betul!, karena kami berharap keinginan orangtua sejalan antara suami dan istri. Begitupula dengan Nenek dan Kakeknya kalau terlibat dalam pembinaan anak-anaknya masing-masing. Karena lembaga kami bukan lembaga titipan anak. Tapi semuanya tentu kembali kepada orangtua masing-masing. Kami hanya memfasilitasi dan membuat komunitasnya untuk belajar bersama.
  7. Setelah Lulus Kuttab apakah bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya?
    Insya Allah bisa. Karena kami juga ingin tidak berhenti sampai jenjang usia 12 tahun saja. Lembaga setingkat SMP-SMA, kami menyebutnya Madrasah akan dipersiapkan juga. Sehingga sebagian besar orangtua santri Kuttab yang sudah bergabung ingin melanjutkan benang merah kurikulum yang sudah disusun oleh lembaga kami di level Madrasah.
  8. Kalau ke Sekolah lain, bisa? Insya Allah, Bisa.
  9. Kuttab tidak profit oriented, coba dipikir, hari gini adakah sekolah yg sekelasnya 12 orang diajar 2-3 guru dg uang masuk hanya 4,5 juta an dan spp 300rb an  sebulan?
  10. Kuttab bukan penitipan anak, sehingga kesadaran orang tua terhadap pendidikan turut dipikirkan dan dibangkitkan oleh Kuttab Kajian orang tua sebulan sekali untuk “menyamakan suhu” ortu dg guru, Kunjungan guru ke rumah untuk memeriksa kondisi anak di rumah (aktivitas harian anak di rumah, kedekatan dengan tv, gadget, game, dsb) dan memberikan nasihat pendidikan pada ortu terkait anaknya Diberikan lembaran BBO (belajar bersama ortu), yang isinya kurikulum selama pekan terakhir, dan tugas-tugas selama di rumah untuk menyelaraskan dg apa yg dipelajari di sekolah Misal : ananda tahajud 1x sepekan membaca 1 halaman setiap rokaat ortu memberikan nasihat ttg pedihnya api neraka kemudian dituliskan ananda ananda menulis 3 baris per hari di buku tulis khusus (semacam diary)
  11. Di saat sekolah lain menawarkan banyak metode pengajaran untuk membuat anak-anak tidak bosan, maka Kuttab mengajarkan anak menjadi generasi yang tangguh menghadapi bosan! Menjadi anak penakluk bosan yang tahan berlama – lama membaca qur’an, buku, menyetor hafalan. Tasmi’ 1 juz sekali duduk (+- 1 jam) setiap jum’at bagi yang sudah tamat hafalan 1 juz Sehingga rasa bosan akan menjadi bosan karena kegigihan anak-anak itu.
  12. Di saat sekolah lain menuntut guru memahami muridnya dengan segala perilakunya, maka Kuttab mengajarkan murid untuk memahami gurunya! Adab sebelum berilmu adalah sumber keberkahan yang sudah banyak dilupakan dalam pendidikan Anak – anak digembleng mendengarkan paparan ilmu, kisah, dan sejarah dari para guru, melawan rasa jemu dalam mendengarkan, bertahan untuk memetik keberkahan ilmu yang disampaikan sehingga para guru akan fokus pada isi, bukan amunisi untuk membuat kelas ketawa ketiwi supaya apa yang disampaikan nanti, lahir dari hati, sampai pula ke hati sekedar sebentar berdiam di depan kelas tanpa banyak orasi, membacakan beberapa lembar ayat suci, telah membuat hati – hati bocah kecil itu terketuk dan meleleh dalam cinta, takut, dan harap pada Ilahi
  13. Di saat sekolah lain banyak mengajarkan orang tua memahami anak dengan segala psikologinya, maka Kuttab mengajarkan anak untuk memahami orang tuanya! PR : Buatkan minum untuk orang tua selepas lelah mereka bekerja Bisikkan padanya, aku mencintai kalian karena Allah Tanyakan pada Ayah, pernahkah menangis saat mendengar ayat – ayat Allah Bantulah ibu mencuci baju Makan apa yang disediakan di meja, melawan rasa bosan terhadap menu makanan, syukuri karunia-Nya, orang tua telah berlelah-lelah mencari nafkah…

Pertanyaan-pertanyaan Lain :

  1. Bagaimana syarat di terima menjadi santri Kuttab Garut?
    • Mengisi data sementara yang disediakan oleh pengurus Kuttab
    • Mengikuti Stadium General.
    • Mengikuti proses test anak dan ortu untuk penerimaan dan penempatan kelas.
  2. Uang Pendaftarannya dan SPP bulanan berapa ?
    Kaidah kami untuk menentukan biaya pendaftaran dan SPP adalah mensurvei biaya pendidikan di sekitar kuttab berdiri dan kami berusaha menentukan standart yang paling minimal untuk biaya-biaya tersebut.
  3. Lalu apakah cukup untuk pengelolaannya ?
    Sesuai dengan panduan kuttab yang tercatat dalam sejarah. Biaya untuk pengelolaan lembaga ini berasal dari beberapa sumber, antara lain : Orangtua yang mengamanahkan anaknya di Kuttab, Wakaf,Infaq, Shodaqoh dari Individu orangtua yang berkecukupan harta, Wakaf, Infaq, Shodaqoh dari Instansi atau perusahaan, Usaha-usaha bisnis yang berada disekitar Kuttab.
  4. Berarti, ada anak-anak dari keluarga yang tidak mampu dong di Kuttab Garut?
    Harus ada!, Karena itu bagian dari konsep Kuttab.
  5. Kalau kami dari keluarga yang berkecukupan harta, bisakah kami membantu salah satu santri atau beberapa santri yang tidak mampu?
    Tentu boleh. Dan sangat dianjurkan. Dan itu sudah berjalan di lembaga kami…
  6. Jika ada yang tidak mampu, seperti apa prosedurnya?
    Tentu, memberikan beberapa data dan keterangan tidak mampu ke Kuttab wilayah masing-masing kuttab. Dan ada quota yang diterima sesuai dengan kemampuan wilayah kuttab masing-masing.
  7. Kami ingin menyalurkan beberapa rezeki kami ke kuttab, Bagaimana ya?
    Silahkan menghubungi tim Doku (Donasi Kuttab) Garut.

Semoga Allah meridhoi lembaga ini…

Manajemen Kuttab Garut